Senin, 29 November 2010

GELOMBANG


bab 1 fisika menjelaskan tentang gelombang. kita bisa mengetahui tentang pengertian gelombang serta macam-macam gelombang.

A. KARAKTERISTIK GELOMBANG
1. Definisi Gelombang
Gelombang adalah osilasi (getaran) yang merambat pada suatu medium atau tanpa medium dengan tidak disertai perambatan bagian-bagian medium itu sendiri. Dalam perambatannya, gelombang memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lain tanpa diikuti merambatnya materi-materi dalam medium.
2. Jenis-jenis Gelombang
a. Gelombang berdasarkan medium perambatannya dibedakan menjadi dua.
1) Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya, misalnya gelombang bunyi, gelombang pada tali, gelombang pada permukaan air, dll.
2) Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya, misalnya gelombang cahaya, sinar-X, sinar infra merah, dll.
b. Gelombang berdasarkan arah getarannya dibedakan menjadi dua.
1) Gelombang Transversal
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatannya, misalnya gelombang pada tali, gelombang cahaya, dll.
2) Gelombang L ongitudinal
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya searah dengan arah perambatannya, misalnya geloombang bunyi, gelombang pada slinki yang ditarik atau ditekan, dll.
3. Besaran-besaran gelombang
a. Simpangan (y) adalah jarak perpindahan titik pada medium diukur dari posisi keseimbangan. Simpangan maksimum dalam gelombang disebut amplitudo (A).
b. Periode (T) adalah waktu yang diperlukan oleh satu titik medium untuk kembali ke keadaan osilasi semula, diruskan dengan:
c. Frekuensi (f) adalah jumlah osilasi yang dilakukan titik-titik pada medium selama satu sekon, dirumuskan dengan:
d. Panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak yang berdekatan atau jarak antara dua lembah yang berdekatan pada gelombang transversal. Sedangkan pada gelombang longitudinal, panjang gelombang menyatakan jarak antara dua pusat rapatan atau dua pusat renggangan yang berdekatan.
e. Cepat rambat gelombang (v) menyatakan besarnya kecepatan pola osilasi berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh dijelasin kenapa gelombang dalam menstransfer energi tidak disertai perpindahan materi? terimakasih

Posting Komentar